Lokasi Peternakan Dekat Lokasi Pemasaran & Kingkungan Masyarakat
Dekat Dengan Lokasi Pemasaran
Faktor lain yang menjadi pertimbngan dalam memilih lokasi peternakan adalah jarak dengan tempat pemasaran. Sebaiknya lokasi pemasaran dekat dengan peternakan. Lokasi peternakan dekat dengan lokasi pemasaran akan memberikan keuntungan antara lain menghebat biaya yaitu dengan menghebat tenaga dan biaya transportasi menuju kepasaran dan mengurngi resiko kerusakan produk yaitu mengurangi risiko telur pecah, susut timbangan dan busuk.
Lingkungan Masyarakat
Penentuan lokasi peternakan tidak luput dari keadaan lingkungan sekitar. Artinya, peternak harus memperhatikan keadaan atau komunitas penghuni sekitar penangkaran.. Jika keduanya saling mendukung, maka akan tercipta kerja sama yang membuahkan hasil positif terhadap hasil penangkaran. Kondisi peternakan akan aman, nyaman, dan tidak ada konflik yang membuat usaha peternakan terhambat.
Salah satu langkah yang harus di tempuh dalam menentukan lokasi peternakan adalah dengan meminta izin untuk mendirikan usaha peternakan kepada pemerintahan desa setempat yaitu melalui RT, RW, Kepala Desa serta beberapa tokoh masyarakat. Mengadakan forum dengan beberapa lapisan masyarakat tersebut untuk membahas beberapa butir peraturan terkaid usaha peternakan tersebut. Ada beberapa kebijakan yang harus dibijarakan agar kedua belah pihak tidak saling dirugikan.